Kamis, 12 Mei 2011

Sebuah Bangsa


Indonesia
Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu menghargai bangsanya sendiri...

Itulah kalimat yang bisa saya katakan mengenai latar belakang majunya suatu bangsa. Terkesan simple memang, namun memang seperti itu kenyataannya.

Akhir-akhir ini terlihat sifat orang Indonesia yang belum mau menghapus kebiasaan kurang baiknya, yakni kurang adanya rasa menghargai. Menghargai tidak hanya dilihat dari sisi manusia, namun bisa dengan semua hal. Mulai rasa menghargai terhadap manusia, tumbuhan, hewan, lingkungan, suku, daerah, kepercayaan, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu berpikir yang muluk-muluk. Dari kebiasaaan orang Indonesia kebanyakan, akan terlihat rasa kurang menghargai itu. Ketika pengendara mobil dengan santai membuka jendela mobilnya dan tanpa malu melempar sekantong kresek sampah. Wajar? Mungkin iya bagi sebagian orang, tapi sebenarnya Indonesia mengalami masalah yang genting jika bangsanya masih tertidur dalam ketidak pedulian. Tidak hanya pengendara mobil, penumpang kendaraan umum pun melakukan hal yang sama. Membuang sampah di dalam kendaraan umum ataupun dengan enjoy melemparkan sampahnya ke luar kendaraan seolah-olah area di luar kendaraan adalah bak sampah raksasa. Dan terlihat sangat jelas penghargaan terhadap lingkungan sangat kurang.

Sebenarnya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya pendidikan. Dengan pendidikan yang baik, maka kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dihilangkan. Menerapkan kebiasaan baik pada masa anak-anak akan sangat berdampak bagi jiwa seseorang di masa mendatang. Dan kebanyakan, orang berpendidikan akan berpikir dua kali untuk hanya sekedar membuang secuil sampah di sembarang tempat. Lantas, bagaimana dengan anda??

Jika bangsa Indonesia bisa dengan ringan memiliki rasa menghargai, maka akan tercipta sebuah bangsa yang maju. Walaupun aplikasi awalnya hanya sepele namun akan berdampak besar bagi kemudian hari. Karena apa yang kita lakukan akan berdampak pada masa datang. So, masihkah kita harus menunggu??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar