Selasa, 27 Januari 2015

Program Menarik di Televisi



Ada yang bilang kalau nonton televisi itu manfaatnya sedikit atau bahkan mungkin tidak bermanfaat. Namun tidak menurutku. Semuanya tergantung dari apa yang ditonton. Meskipun aku tidak berlangganan TV kabel tapi ada banyak acara keren yang bisa kulihat. Minggu pagi itu aku menonton Japan Channel di Metro TV. Aku mulai mengikuti acara ini tiap Minggu pagi. Intinya aku bisa mendapat pelajaran banyak dari acara ini. Berikut ulasannya.
1.      Resepsi pernikahan unik
Resepsi pernikahan di Jepang yang cukup mahal mengakibatkan sebagian besar pasangan menikah tanpa menggelar acara resepsi. Namun ada Wedding Organizer yang mampu membaca situasi. Dia merencanakan resepsi pernikahan yang murah namun tetap meriah.
Tidak ada singgasana, hanya dua sofa anggun diletakkan di bawah pohon rindang. Lokasi resepsi digelar di sekitar wilayah mall. Jadi walaupun yang diundang hanya sedikit (menekan biaya) namun banyak orang yang turut bahagia dan mendoakan yakni pengunjung mall yang lewat. Jadi terasa banyak yang datang. Point penting di sini adalah bagaimana mengambil peluang, kreatif, serta bisa membahagiakan orang lain.
2.      Penggunaan barang teknologi yang dianggap kuno.
Mungkin sebagian orang akan mengatakan teknologi pita kaset ataupun pager sudah ketinggalan jaman. Namun berbeda dengan pemikiran segelintir orang Jepang. Salah satu badan penelitian luar angkasa milik Jepang menyimpan data mereka pada pita kaset. Ketika ditanya kenapa? Padahal kan sekarang sudah jaman modern yang semuanya bisa lebih simple disimpan dalam hard disk. Selain itu, data yang disimpan merupakan data penting yang harus dijaga dengan baik. Jawaban orang-orang di sana cukup mengejutkan. Pita kaset yang mereka gunakan bisa menyimpan data sebesar 30.000 tahun. Menyamai kapasitas hard disk era modern saat ini. Saat dikonfirmasi ke perusahaan pembuat pita kaset mereka mengatakan telah melakukan penelitian mengenai pita kaset ini. Mereka membuat struktur pita lebih kecil dan halus sehingga data bisa tersimpan lebih banyak. Selain kapastitasnya sama dengan hard disk, maintenance pita kaset juga lebih murah serta resiko kehilangan datanya pun kecil.
Sedangkan pager ternyata memiliki keunggulan lebih cepat dalam menyampaikan pesan dbandingkan telepon genggam walaupun terdapat bangunan penghalang antara satu dengan yang lain. Teknologi ini pun masih digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu.
3.      Berlindung di bawah anyaman bambu.
Melindungi rumah dari panas matahari menggunakan anyaman bambu. Hal ini sederhana namun memang bermanfaat. Ketika musim panas di Jepang, anyaman bambu ini sangat laris manis. Biasanya dipasang di teras rumah agar penghuni rumah bisa berteduh dari terik panas matahari.
4.      Menarik pelanggan.
Salah satu toko sepeda di Jepang memasang gambar anime yang sedang populer di kalangan remaja di depan tokonya. Cerita dari anime tersebut memberikan pesan bahwa semua orang bisa bersepeda. Strategi pemasaran tersebut berhasil. Pengunjung semakin banyak berdatangan. Awalnya konsumen kebanyakan adalah laki-laki, namun ketika strategi ini diterapkan terjadi lonjakan pembeli perempuan. Bahkan ketika ditanya kenapa mau membeli sepeda alasannya karena ingin seperti tokoh di komik. Memang toko tersebut menyediakan sepeda yang digunakan di dalam anime serta menjual assesoris berlabel anime seperti botol minum. Harga dari sepeda pun tidak tanggung-tanggung, salah satu pembeli berani membayar sepeda seharga 30an juta rupiah.
5.      Prakiraan cuaca
Prakiraan cuaca sangat penting. Tidak dalam rangkuman hari namun dalam hitungan jam. Kenapa prakiraan cuaca ini sangat penting? Mari kita intip ceritanya.
Salah satu manfaat dari informasi prakiraan cuaca per jam ini sangat dibutuhkan oleh penjual roti di sekitar stasiun. Pasalnya ketika hujan turun penumpang kereta yang masih berada di stasiun tidak akan langsung pulang melainkan menunggu. Di sinilah penjualan toko roti melonjak. Karena pembuatan roti sekitar dua jam makan dibutuhkan prediksi cuaca untuk dua jam ke depan. Jika hujan maka penjual roti akan mulai memproduksi rotinya.
Sebenarnya masih banyak yang aku tonton, tapi lupa. -,-a Selain channel Japan, aku juga sempat menonton film doraemon. Begini kisahnya. Ada orang yang minta diramalkan nasibnya kepada Doraemon dan Nobita. Akhirnya mereka berdua datang ke masa depan dan meilihat pekerjaan orang tersebut di masa mendatang. Ternyata orang tersebut hanya menjadi seorang pegawai biasa. Ketika Doraemon dan Nobita kembali ke masa lalu, orang tersebut bertanya:
“Bagaimana kehidupanku di masa mendatang? Apakah aku akan menjadi penulis terkenal?” tanyanya antusias.
Dengan berat hati Nobita dan Doraemon mengatakan yang sebenarnya. Orang tersebut kecewa. Ia memnutuskan untuk tidak memaksakan diri menjadi seorang penulis. Dia akan berusaha keras di bidang yang lain.
Perubahan pemikiran orang tersebut akan berdampak pada masa depannya. Doraemon dan Nobita penasaran dengan kehidupan orang itu di kemudian hari. Bisa jadi orang itu malah menjadi orang kaya karena telah mengubah pemikirannya.
Sesampainya di masa mendatang, Doraemon dan Nobita terkejut dengan keadaan rumah orang itu. Rumahnya semakin jelek dari sebelumnya. Mereka mencari orang itu dan ternyata orang yang dicari tengah bekerja menjadi buruh pabrik.
Di rumah yang sudah jelek itu, orang tersebut berkata, ”Aku tahu aku pernah ingin diramalkan bagaimana kehidupanku di masa mendatang. Waktu itu kalian bilang aku tidak akan menjadi penulis terkenal dan aku mengurungkan niat untuk menjadi penulis terkenal. Namun berjalannya waktu, aku merasa satu-satunya pekerjaan yang aku sukai adalah menulis. Jadi aku masih terus menulis hingga saat ini. Sepulang dari kerja aku menulis. Walaupun pada akhirnya tidak ada yang membaca tulisanku setidaknya aku melakukan hal yang aku sukai,” ceritanya panjang lebar. Dia terlihat ikhlas dan bahagia.
Tak lama kemudian, ada banyak reporter yang datang ke rumah orang itu dan menanyakan karyanya. Nobita dan Doraemon tersenyum. Perjalanan pulang Nobita berkata, “Kita tidak tahu kehidupan seseorang pada masa mendatang.”
Saya sepakat dengan pernyataan Nobita. Kita tidak bisa memvonis masa depan seseorang hanya dari latar belakang dan pencapaiannya saat ini. Masa depan masih misteri, tidak ada yang tahu. Namun yang pasti, apapun yang kita lakukan sekarang adalah sebab dari masa mendatang. Jadi lakukan yang terbaik, apapun pekerjaan itu. Tapi jangan yang melanggar hukum dan agama ya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar