Sabtu, 12 Mei 2012


       Kualitas mahasiswa kini dipertanyakan dengan banyaknya teori yang didapat namun kurangnya pengetahuan penerapan ilmunya di dunia nyata. Pelatihan “Quality and Improvement Engineering Training” (QIET) yang diadakan pada tanggal 17-18 Maret 2012 kemarin memberikan solusi mengenai kualitas mahasiswa tersebut. QIET 2012 memberikan pengetahuan lebih mengenai aplikasi ilmu pengendalian kualitas. Pelatihan ini dibuka bagi siapa saja yang tertarik dengan pengendalian kualitas. 
       Keynote speaker untuk QIET 2012 ini merupakan pakar langsung dari perusahaan. Perusahaan yang dipilih dari bidang manufaktur dan jasa. Yang pertama ada Agus Budi Prasetiyono yang bekerja di Telkomsel. Di sini Yoyok, nama panggilan Agus, menjelaskan tentang pengendalian kualitas di bidang jasa. Sedangkan keynote speaker selanjutnya ada Quality Engineer PT. LG Electronic Indonesia, Ari Primantara, yang menjelaskan tentang pengendalian kualitas di bidang manufaktur. Dengan adanya kedua pembicara ini, sangat bermanfaat bagi peserta untuk lebih bisa memahami dan mengetahui perbedaan cara pengendalian kualitas di perusahaan manufaktur dan jasa. 
       Materi yang diajarkan dalam pelatihan yang diadakan oleh Laboratorium Sistem Mnufaktur ini ada control chart, six sigma, reliability analysis, RCA dan FMEA, Capability Process, Acceptance Sampling, SPC, dan hypothesis. Software yang digunakan adalah Minitab 16 dan Weibull 6 ++. 
       Urgensitas diadakan QIET tiap tahun karena kurangnya pengetahuan mahasiswa mengenai aplikasi pengendalian kualitas di perusahaan. Sedangkan manfaat dan efek pengendalian kualitas sangat besar bagi perusahaan saat ini. Oleh sebab itu, pelatihan QIET ini diharapkan nantinya bisa membantu mahasiswa di perusahaan.(st/ch)

http://labsisman-ie-its.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar